Sunday 30 September 2012

Talking about my pregnancy


Sejujurnya ini postingan yang lama mengendap di draft. Sampe lupa pernah bikin. Hahaaa..
Yak, mari kita flashback..
#warning# yg lagi morning sick, jangan baca ini yah, takutnya tambah mual ;D

Jan 2012
Lupa terakir dapet itu tanggal berapa. Pokonya akir Jan, akirnya nekad beli test pack. Dan alhamdulillah it showed two stripes. Ke dokterlah si suami istri newbie inih demi mastiin bener kagak itu test pack. Di USG dicari2 ama dokternya ngga keliatan :( Kata dokternya sih karna masi terlalu kecil. Pulanglah kita dengan lemah lesu.

Feb 2012
Balik ke dokter, and there it was!!! A super tiny blank spot on the screen. My soon to be baby :)

Umurnya waktu itu baru 6 minggu. Bulan ini masi asoy2 ajah tanpa mual2 berarti. Paling juga kalo telat makan ajah kerasa ngga enak. No jackpot at all. Preggo's life run pretty well. Udah bangga and pede banget, hamilnya kebo!!

Mar 2012
Here it come morning sick!!!! Oh em jiiii... Semakin parah mualnya. Semakin parah doyan masuk angin. And those led to ... jackpot. Paling sering pagi ama sore. Ter-gak-tahan nahan laper barang semenit dua menit. Sore2 itu saya ngemilnya nasi or cemilan yg beratnya setara nasi, sebangsa crackers gitu mah cuma nyelip di gigi doang.
Pernah nahan gak muntah, yg ada malah ketelen lagi tu hasil jackpot gara2 lg in the middle of ruangan kerja. Gak perlu gw jelasin ya, rasanya nelen muntahan kaya apaan. Lebih dari maknyuslah. Abis itu keluar smua deh di toilet, yg lg ngaca pada ngabur smua, hihiii.. (Btw, saya paling ga bisa jackpot di closet, bayanginnya aja gak bisa, mau sebersih apaan juga, kagak bisa deh, ujung2nya jackpot di washtafel, tapi abis itu dibersihin lagi kok suwer)
Pernah juga gara2 telat ngemil sore, pdhl baru ajah makan somay di foodhall ga lebih dr 10 menit, pas jalan balik ke kantor, belom juga keluar foodhall, ealah jackpot. Iyeh, di tengah2 foodhall, I hold it with my both hands, dan mulut udh penuh sama muntahan, sambil nungguin temen saya bongkar plastik blanjaannya.. Balik kantor langsung isi perut lagi makan melon, bukannya jadi mendingan, pulang kantor ngabur lagi ke toilet handicapnya PS, and then buang isi perut lagi, ternyata yg td di foodhall belom tuntas.

Gara2 itu, gak pernah lupa bawa bekel nasi, jadi kadang bawa bekel nasi dua, buat maksi and buat makso-makan sore. Buat makso porsinya lebih dikit, yang penting makan carbo dan kalo bisa sama red meat (_ _")

Selama mual2 begini, makanan yang justru bikin napsuin adalah daging2an. Terdoyan banget sama red meat, you name it, rendang, sop daging, sop kaki kambing tapi yg dipesen daging sapi doang, soto betawi yg isinya daging sapi doang, beef burger, beef kebab, gepuk, dan tentunya steak! Steak buat saya and suami consider lumayan mahal, tapi berkat ngidam, kita jadi lebih sering mengunjungi steak paporit di bilangan radal, happy tummy happy mommy *kesempatan dah* hihiii.

Selama mual2 ini pun saya ga bisa maen masak2an. Cooking mama was officially running off those days. Ter-gak-tahan nyium bau2 dapur, even nyium sesuatu lagi digoreng ajah bisa kambuh mual2nya. Jadinya bergantung pada yg berbaik hati ngasih makanan jadi, yg bisa tinggal diangetin doang. Sapa lagi kalo bukan emak sendiri yah. Ibu mertua pun akirnya masakin buat sarapan, kalo ga, makannya cuma sama cornflakes.

Agak susah makan sayur, makan brokoli kan bagus tuh, tapi yang kerasa cuman paitnya doang, yuck! Makan ayam kalasan yg gurih dan enak itu pun ogah, doyannya teuteup daging2an. Ada kali tuh tiap hari makan red meat. Dibuatin rendang ato gepuk2 yang tinggal angetin doang. Ayam yg enak dimakan cuman sebangsa fastfood KFC dan teman2nya. Dan tiap kali begitu, jadi merasa bersalah, si bumil ini kemudian melahap sedemikian buah2an :))

Talking about craving for chili and other spicy food, seriously, saya doyan banget nget nget lamien sapi pedeeees or mie tarik rica yg nendang abis pedesnya itu. Sering bgt dikomplen emak2 di kantor gara2 itu, padahal obgyn juga ga ngelarang, baca2 di internet, jawabannya obgyn2 bule pun sama, no problemo makan pedes selama hamil, cuma hati2, katanya bisa memicu heart burn.

Karena ga bisa sama sekali nyentuh dapur, kecuali buat angetin daging2an doang, sukses kantong jebol. Udah mana kantor di sebelah mall yee, dan dulu belom tau kalo pagi ada jajanan apa aja di sekeliling kantor yg murah. Ada kali tuh tiap hari jam10 pagi turun dulu ke sebelah, makan bakwan malang yg harganya bisa 2x lipet bakwan malang abang2, yg rasanya biasa aja sebenernya. Tapi saya doyan! Dan si bakwan sukses ngilangin mual2.
Selama masa2 ngidam itu, saya juga ga bisa banget makan soto ayam dan sejenisnya. Gara2nya sempet makan soto dan kemudian jackpotnya gak santai, aselik gak santai ampe *maap yee* keluar dari idung segala. Since then, nyium bau soto ayam dan sebangsanya dari radius brp meter aja udh mau muntah. Pernah tuh, si suami beli soto dibungkus, saya sepanjang jalan napas dari mulut, pas sampe rumah langsung ngunci diri di kamar, ga tahan ama baunya. Ckckck.

Tapi itu smua cuma berlangsung paling lama kayanya sebulanan deh. Bistu udah santai berat. Kadang malah lupa kalo lagi melendung. Dan walopun sampe ngalamin muntah2, alhamdulillah berat badan ga turun, stabil naeknya, anakku pun begitu :)


Ramadhan 2012
Gak puasa. Yuk mari, yang punya keyakinan bumil tetep harus puasa, monggo diabaikan postingan ini. Saya sempet nyoba puasa sehari dan efeknya haus dan lemes banget. Gerakan si baby juga ga lincah lagi. Maka dari itu, sebulan penuh ga puasa. Tapi tetep sih bangun buat nyiapin sahur si suami, our first Ramadhan as a married couple :) Oh iya, alhamdulillah juga udah ga anti dapur lagi kala itu, hihihi..


- - -

Sekarang lagi harap2 cemas nih.. Udah mau masuk 40 weeks dan blom ada tanda2 kontraksi atopun mules. Pegimaneee ini yak.. Jalan pagi udah, goyang inul alias pelvic rocking pun sudah, jongkok2 pun sudah... Sebenernya saya yakin2 aja sih, anak ini tau kapan waktu terbaik dia keluar dari rahim ibunya. Tapi tetep ya, agak deg2an, karna plasenta udah smakin tua, air ketuban pun udh mulai berkurang. Dikasih tau katanya minum oralit bisa nambah air ketuban, ntah bener ato ngga, dijabanin! Padahal sing sumpeh rasanya kagak ada enak2nya.

Oh well, in the end, cuma bisa pasrah sama Yang Maha Kuasa. InsyaAllah, dikasih jalan dan waktu yg terbaik buat lahiran.

To all preggos out there, enjoy your every second of pregnancy. No matter how hard it was, that'll be one of your best moments :)

2 comments:

  1. wohohooo pengalamannya tak lebih sama.. selamat menunggu kehadiran buah hati. :D salam kenal

    ReplyDelete